Rabu, 14 Maret 2012

about psychodiagnostic

Dalam ilmu psikologi yang menjadi subyeknya adalah manusia. Aspek-aspek yang diukur dalam psikologi diantaranya :



·         Perilaku
Issue yang terkait dengan perilaku yaitu Nature vs Nurture. Issue nature mengatakan bahwa perilaku ditentukkan oleh faktor gen/keturunan. Issue nurture mengatakan bahwa perilaku ditentukan oleh lingkungan. Nurture melibatkan social influence dan significant other yaitu pengaruh individu-individu lain yang berada di lingkungan tersebut. Apabila nature dan nurture saling mempengaruhi, maka akan terjadi proses learning/belajar yaitu proses dimana manusia beradaptasi dengan lingkungan yang sifatnya dinamis. Proses belajar meliputi knowledge, skill, attitude,dan  personality. Cara untuk mengukur perilaku yang paling mudah adalah dengan metode observasi. 

·         Motif
Motif merupakan salah satu bagian dari sikap dan perilaku. Apabila individu menunjukkan perilaku dan sikap tertentu, maka belum tentu individu tersebut memiliki motif yang sama dengan individu lain yang  juga menunjukkan sikap dan perilaku yang sama. Dalam psikologi, motif individu dalam bersikap dan berperilaku dipelajari.



Metode dalam Psikodiagnostik:
Dalam melakukan suatu diagnosa psikologis ada beberapa urutan kerja yang harus diperhatikan:

1. Mengumpulkan dan mendapatkan data
2. Menganalisis data.
3. Mengambil kesimpulan, meliputi deskripsi subjek beserta diagnosa dan prognosa.

Garis besar dalam Psikodiagnostik:
a. Observasi: (partisipan/non)
b. Pengumpulan bahan2 permainan (barang pribadi, puisi, gambar)
c. Riwayat hidup:
   c.1. auto anamnesa : dari dalam diri individu
   c.2. allo anamnesa : dari luar diri sendiri
d. Angket / kuesioner
e. Wawancara
f. Test

1 komentar:

  1. Desya...makasih ya untuk berbaginya, terus berbagi tidak hanya psikologi saja, mungkin banyak hal-hal yang di sekitar kehidupan yang bisa dikaitkan dengan psikologi...ditunggu tulisan dan berbaginya yang lainnya, sukses dan salam SOBAT !

    BalasHapus