Sabtu, 24 Maret 2012

Pengukuran

Pembuatan alat ukur  à inventori
                                            à sikap

Sebuah alat test harus memiliki kesesuaian norma perkembangan manusia . sebuah  alat test juga harus memperhatikan kesesuaian karakter perkembangan manusia.  aspek  perkembangan manusia yaitu:  biologis, kognisi, dan sosioemosional
Tujuan dalam pengukuran adalah untuk membandingkan satu individu dengan individu lainnya, sehingga apabila terdapat masalah maka akan segera ditangani. Dalam pengukuran kita dapat melakukan intervensi dan juga berdasarkan keilmuan. Apabila pengukuran dilakukan secara massal, maka pendekatan yang paling tepat adalah kuantitatif, sedangkan apabila pengukuran tidak dilakukan secara massal, maka pendekatan yang paling tepat adalah kualitatif.

IQ à Mengenai akademik individu. 
EQ dan SQ à membahas “VALUE” yang dimilki oleh individu.

Alat-alat test dalam psikologi industri mencakup :  
·         Inteligensi
·         Inventory
·         Grafis    



Yang ingin dicapai dalam pengukuran psikologi industri yaitu :
Knoledge     à           (pengetahuan )
Skill                à           (keterampilan)
Attitude       à           (sikap)
Other            à           (personality)

Knowledge dan skill mudah sekali untuk diukur karena aspek-aspek ini cenderung tampak pada sikap dan perilaku individu dalam kesehariannya.
Attitude yang diukur dalam PIO yaitu :
·         Sistematika kerja
·         Kecepatan kerja
·         Sikap kerja
·         Keterampilan bekerja

Suatu test juga sebaiknya memperhatikan Culture Free yaitu suatu test harus dapat dipahami oleh seluruh negara di dunia, jadi suatu test sebaiknya dapat bersifat universal agar hasilnya semakin valid dan reliable. Test dengan culture free biasanya berupa bentuk-bentuk dasar dan gambar-gambar yang dapat dipahami oleh seluruh individu di dunia.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar